:::: MENU ::::
  • Mengenal Trend Digital Masa Kini

  • Perubahan Trend Digital

  • Kemajuan Digital.

Minggu, 30 Juli 2023

 Masuki Era Digital, Kominfo Kembangkan Literasi Digital untuk Masyarakat


Jakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun dan mengembangkan program untuk mempercepat masyarakat Indonesia memasuki era digital.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan, menyebutkan ada tiga pilar yang turut mendorong dalam melakukan percepatan transformasi digital di Indonesia, yaitu; infrastruktur, regulasi, dan ekosistem.

“Pertama kita fokus ke masyarakat, lalu ekonomi dan selanjutnya pemerintahan,” ujarnya saat menjadi pembicara dalam webinar “Transforming ASEAN: Nation Digital Literacy Driving Towards Digital Prosperity”, dari Jakarta, Kamis (11/06/2020).

Di Indonesia transformasi digital adalah keharusan. Bahkan, menurut Dirjen Semuel, Presiden Joko Widodo sudah menginstruksikan bagaimana untuk mempercepat dan selesai di tahun 2022 karena banyaknya permintaan dan masyarakat sudah sangat menantikan untuk norma baru atau yang kita sebut sebagai transisi digital.

“Sebelumnya, transformasi digital akan dirampungkan dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan hingga 2024. Namun, karena ada pandemi jadi dipercepat,” terangnya.

Namun demikian, hal itu bukan tanpa hambatan. Dirjen Aptika menyatakan selain memberikan manfaat, ruang digital juga dapat memberikan masalah. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo mengedukasi dan mempersiapkan masyarakat agar dapat memasuki ranah baru.

"Contohnya hoaks. Indonesia punya masalah besar di hoaks dan penipuan/scamming. Untuk itu, kami (Kominfo) punya program literasi digital agar  ranah digital dan menjadikannya kenyataan dengan membuka potensi mereka (masyarakat)," tandasnya.

Literasi Digital, menurut Dirjen Semuel, tidak dapat dilakukan hanya oleh pemerintah saja, oleh karena itu, saat ini Kementerian Kominfo memiliki program Gerakan Nasional Literasi Digital (Siberkreasi) dan sudah diikuti oleh 100 institusi dan komunitas tentang bagaimana menjalankan literasi digital di Indonesia. 


0 comments:

Posting Komentar

A call-to-action text Contact us